Kopling, Bagaimana cara kerjanya?

Поделиться
HTML-код
  • Опубликовано: 23 фев 2018
  • Pernahkah Anda bertanya-tanya apa yang terjadi di dalam mobil saat Anda menekan pedal kopling? Atau mengapa perlu menekan pedal kopling sebelum menggeser gigi mobil ke transmisi manual? Video ini akan memberikan jawaban logis kepada Anda atas pertanyaan-pertanyaan tersebut. Diakhir video, kita juga akan memahami peran penting kopling pada awal tanjakan.
    Teman-teman terkasih, menerjemahkan video teknik adalah urusan yang mahal. Mohon dukung kami di www.patreon.com/LearnEngineering agar kami bisa menyulih suarakan semua video kami ke dalam bahasa Indonesia. Anda bisa melihat saluran bahasa Inggris asli kami di sini.
    Diterjemahkan dari Bahasa Inggris oleh: www.fiverr.com/fikaphika
    Artis sulih suara: deepindovoice.com/

Комментарии • 826

  • Ilmu Rekayasa
    Ilmu Rekayasa  8 месяцев назад +165

    Teman-teman terkasih, menerjemahkan video teknik adalah urusan yang mahal. Mohon dukung kami di www.patreon.com/LearnEngineering agar kami bisa menyulih suarakan semua video kami ke dalam bahasa Indonesia. Anda bisa melihat saluran bahasa Inggris asli kami di sini. ruclip.com/user/LearnEngineering

    • Hanavi Gemilang
      Hanavi Gemilang 3 месяца назад

      Terimakasih banyak...video ini sangat membantu sekali terutama untuk anak²stm otomotif yg baru mengenal yg namanya transmisi,kopling,diafragma dan dll.jdi ilmu pengetahuan nya lbih berkembang dengan adanya video seperti ini

    • Animasi Kecelakaan Pesawat Dunia dan Funny Moments
      Animasi Kecelakaan Pesawat Dunia dan Funny Moments 5 месяцев назад

      Ilmu Rekayasa juga klik www.learnenginering.org

    • Ahmad Luthfi
      Ahmad Luthfi 6 месяцев назад

      jadi pakai jasa deepindovoice ya?mudah2n bnyak yg nyumbang buat bayar terjemah sama narratornya ya.

    • N oob
      N oob 7 месяцев назад

      Ilmu Rekayasa bermanfaat sekali

    • Fitrialidya Ningsih
      Fitrialidya Ningsih 7 месяцев назад +1

      Ilmu Rekayasa mengulas hammer paku bumi gmna kerj y

  • Alif Aja
    Alif Aja 16 часов назад

    Skip maju terus

  • Rigel Star
    Rigel Star День назад

    Apakah prinsip kerjanya sama dengan kopling pd motor ?

  • mohamad reza
    mohamad reza 4 дня назад

    Oper gigi itu utk lelaki, wanita matic aja ya, 😊

  • Aza suaib
    Aza suaib 6 дней назад

    👍👍

  • SMAuto Mobile
    SMAuto Mobile 7 дней назад

    Bagus sekali.

  • Cle Syahfutra
    Cle Syahfutra 10 дней назад

    Suara nya mantep jelas dan mudah di pahami

  • Fiqih Akbari
    Fiqih Akbari 11 дней назад

    Kampas kopling it yg Mana?

  • ellaa pitek
    ellaa pitek 13 дней назад

    Mumet rasanya

  • Imam Udin
    Imam Udin 14 дней назад

    Chanel Bagus nih.. Penjelasan sejelas jelasnya dn penyampaiannya mudah dipahami

  • Anto Galuh
    Anto Galuh 14 дней назад

    Mantap

  • M. Berri Ridhoka
    M. Berri Ridhoka 16 дней назад

    Artiny mmang lbih baik pkai rem tngn pas mau pas psisi brnti mau maju d tnjkan y?

  • Vicky AF F
    Vicky AF F 16 дней назад

    Saya subscrabe y bang. Enak soalnya

  • Sabar Sabar
    Sabar Sabar 16 дней назад

    Sangat bermanfaat sekali.

  • Darmo Aja
    Darmo Aja 17 дней назад

    cukup membantu bagi yg pemula

  • bambang rijabudi
    bambang rijabudi 19 дней назад

    Terimakasih sudah upload, sgat beemnfaat.

  • irgi adityah
    irgi adityah 19 дней назад

    Gampang nyambung.. Saya lulusan sekolah teknik mesin mobil.. Tapi penjelasan di sekolah tidak seperti ini.. Jossssss.. Makasih mas.. Langsung berlangganan..

  • delviol mardonal
    delviol mardonal 20 дней назад

    Alhamdulillah... Siaran yg sangat bermanfaat

  • Yogik Y
    Yogik Y 20 дней назад

    njir nyetir udah tahunan baru tau nih penjelasannya .maklum cuma bisa mengendarai tanpa bukan ahli service. 😁

  • Bảo nguyễn vlogs
    Bảo nguyễn vlogs 22 дня назад

    like +sub +60s Tương tác cùng mình nha

  • Rian Syah
    Rian Syah 27 дней назад

    Chanel bermanfaat...!

  • Risam Fauzan
    Risam Fauzan 27 дней назад

    Sangat cocok untuk pendidikan siswa jurusan otomotif

  • Rina En
    Rina En Месяц назад

    Saya juga coba gigitan kopling di mobil manual lupanya mesinnya getar dan menggigil

  • arya gani
    arya gani Месяц назад

    mudah di pahami

  • Muhamad Ridwan
    Muhamad Ridwan Месяц назад +1

    Alusss pisan penjelasannya 👍

  • Si Jarambah
    Si Jarambah Месяц назад

    ini dia ilmu yang saya cari2, penjelesan kerenn bangett.. terimakasih ilmunya, sukses trus bang.

  • Bon joni
    Bon joni Месяц назад

    Jd kangen anak stm hkbp 1 tarutung,mana woi koq ga ada kbar nih...
    Bljar mobil ampe kopling gosong,....
    Min knpa nge gantung kopling kalo lama bisa gosong,bau karet gtu...

  • Agus Walid
    Agus Walid Месяц назад

    MANTAFF TAMBAH WAWAAN.TERIMAKASIH

  • Bepi Alkahpi
    Bepi Alkahpi Месяц назад

    Very good job.

  • Nur Halim
    Nur Halim Месяц назад

    Mantafff jls dan bermanfaat 🙏 TRMKSI

  • Timien Official Chanel
    Timien Official Chanel Месяц назад

    Buatin ilustrasi cara kerja koling motor donk minn

  • Acceleration Hart
    Acceleration Hart Месяц назад

    sedikit rumit ya

  • zainul aziz
    zainul aziz Месяц назад +2

    Buatin cara kerja kopling montor dong

  • Hedi Curup
    Hedi Curup Месяц назад

    BS juga utk siswa jurusan mesin. Bermanfaat sangat.trmksh.

  • suyanto yans
    suyanto yans Месяц назад

    SUPER sekali video dan penjelasannya. Lanjutkan info2 yang lainnya.

  • BANG GOZIO 45
    BANG GOZIO 45 Месяц назад

    Sukses terus brader, terinspirasi

  • JTR ChanneL
    JTR ChanneL Месяц назад

    Keren bos...jd tahu gwe

  • Mas Bul
    Mas Bul Месяц назад

    👍

  • Eka Syahputra
    Eka Syahputra Месяц назад

    Sip bermanfaat sekali bagi pengendara mobil

  • armadani 192
    armadani 192 2 месяца назад

    Min aplikasinya apa?

  • Fadli Fads
    Fadli Fads 2 месяца назад

    Real men use three pedals

  • the bimalio
    the bimalio 2 месяца назад

    Ini menarik penjabaran kopling manual, tolong jelaskan sistem kerja kendaraan manual yg dpt melakukan perpindahan gigi tanpa di kopling (posisi pindah gigi 1 ke 2 dst) contoh kendaraan truk buatan amerika. Krn saya masih bingung kenapa hal spt bs dilakukan tanpa menekan kopling, terima kasih

  • Lukman Hadijaya
    Lukman Hadijaya 2 месяца назад

    Lumayan paham😀🖒

  • Andi Iswandi
    Andi Iswandi 2 месяца назад

    Ga bermutu.anu gampang ko itu

  • Humberto Barroco
    Humberto Barroco 2 месяца назад +1

    ta'chiro tu vid...!

  • adyastha karna
    adyastha karna 2 месяца назад

    Mantap jiwa penjelasanya...sya orang bodo jdi paham...thanks

  • Akim San
    Akim San 2 месяца назад

    Apakah bebahaya bagi mesin jika kita sering menekan kopling? Sambil menekan pedel gas?

  • yudi athaya
    yudi athaya 2 месяца назад

    Ini baru tontonan yg mencerdas kan bangsa

  • rafaqih channel
    rafaqih channel 2 месяца назад

    Sangat bermanfaat

  • Inspirasi Remaja
    Inspirasi Remaja 2 месяца назад

    Bagus banget bos

  • angg_id
    angg_id 2 месяца назад

    1:26
    entah kenapa lucu aja dengernya

  • I made Wiranatha
    I made Wiranatha 2 месяца назад

    penjelassn yg hebat

  • muhammad arif
    muhammad arif 2 месяца назад

    Ada yang paham? :V

  • D Channel 7
    D Channel 7 2 месяца назад

    Oh bgitu ya ..cara kerjanya...

  • Fajar Altam
    Fajar Altam 2 месяца назад

    Min jadi kalo di injek kopling nya berfungsi ?

  • rical anderson
    rical anderson 2 месяца назад

    mantap om. penjelasannya mudah di pahami

  • Ujang deden
    Ujang deden 2 месяца назад

    request cara kerja genset diatas 10KVA ya Min

  • suprianto aveiro
    suprianto aveiro 2 месяца назад

    Sangat bermanfaat

  • Qosui
    Qosui 2 месяца назад

    Serasa dubbing produk jaco :v

  • Ter Populer
    Ter Populer 2 месяца назад

    tolong dong buatin rekayasa kerja dron

  • Anggun XTC
    Anggun XTC 2 месяца назад

    Kopling pesawat donk jelasinnya

  • Ddy 17
    Ddy 17 2 месяца назад

    🙏

  • Andre 85
    Andre 85 2 месяца назад

    Mantap penjelasan nya detail bget

  • Andika Saputra
    Andika Saputra 2 месяца назад

    Reques dong bang....masak mobil trus bang...motor na mna bang😁

  • Mubono Putro
    Mubono Putro 3 месяца назад

    oke saya dukung

  • Arvin Badruzaman
    Arvin Badruzaman 3 месяца назад

    Untuk bagian kampas, ada juga mobil yg tidak mengguanakan pegas

  • suci triwati
    suci triwati 3 месяца назад

    Jadi lebih baik di handrem ya ? Drpd mengurangi material piringan kopling?

  • Khendy Wu
    Khendy Wu 3 месяца назад

    Tapi kalau tidak pakai pegas diafrakma apa hasil bila menekan kopling

  • MOTOMO CHANNEL
    MOTOMO CHANNEL 3 месяца назад

    Remake dari #LEARNING ENGINERING

  • irwansyah ansyah
    irwansyah ansyah 3 месяца назад

    gmn cara downlondnya ya..
    kasih tau dong caranya..

  • Bang Muklis
    Bang Muklis 3 месяца назад

    Mantap sangt bermanfaat

  • Jayynchok_028
    Jayynchok_028 3 месяца назад

    Mas tolong buatkan video cara kerja gardan

  • Guzduer Ucok
    Guzduer Ucok 3 месяца назад

    Cakep... Secara detail penjelasanya

  • qomar Abu Hurairah
    qomar Abu Hurairah 3 месяца назад

    Sangat bermanfaat

  • muhammad amin
    muhammad amin 3 месяца назад

    Ilmu yg sangat bermanfaat, terimakasih

  • semproel channel
    semproel channel 3 месяца назад

    Min yang planetary gear dong🙏🙏

  • Nesya Carla
    Nesya Carla 3 месяца назад

    Kalo utk kopling menjadi rem gk perlu di publikasikan..cukup untuk org teknik otomotif saja...banyak org awam yg nonton..nnti jadi salah pengertian..dn kelinci percobaan

  • Rafiqi rafiqi
    Rafiqi rafiqi 3 месяца назад

    mantap makasih min

  • Sony Aja
    Sony Aja 3 месяца назад

    bang, ini channel resmi dari learn engineering versi indonesia ya?

  • Iip Saepuloh
    Iip Saepuloh 4 месяца назад

    Tambah lagi dong teori tentang mesin mobil :v

  • Jayynchok_028
    Jayynchok_028 4 месяца назад

    Bang tolong buatin video cara kerja Differential/Gardan dong pleasee

  • Aroel Scream
    Aroel Scream 4 месяца назад

    Bg sya tunggu penjelasan kinerja air suspenser Bus

  • muhammad yusuf mubarrok
    muhammad yusuf mubarrok 4 месяца назад

    Sangat membantu 👍

  • Diski Rahmanto
    Diski Rahmanto 4 месяца назад

    Keren banget si asli

  • Septin Parlindungan
    Septin Parlindungan 4 месяца назад

    Mantap infonya

  • ANDRI PHIZE
    ANDRI PHIZE 4 месяца назад

    Jago bikin animasinya

  • dimas chanel
    dimas chanel 4 месяца назад

    Keren ini..infonya

  • Selalu Andi
    Selalu Andi 4 месяца назад

    Akhirnya gw tau yg selama ini ganjal diotak gw..penerjemahan sangat berarti..layak disubcribe ni

  • Gilang Damar Mukti
    Gilang Damar Mukti 4 месяца назад

    Mantap gan

  • Pacar Koplak
    Pacar Koplak 4 месяца назад

    Mantap..tdk berbelit jelasin.nya ,,simpel...

  • Priglotech PGT
    Priglotech PGT 4 месяца назад

    memang sangat membantu, walau banyak sekarang mobil pakai matic
    tks admin infonya
    Salam,
    PRIGLOTECH
    Jasa Konstruksi, Desain, & Renovasi
    www.priglotech.com

  • Rico Agustinus
    Rico Agustinus 4 месяца назад

    Pantes kyk pernah liat video ini.. ternyata emng dari LearnEngineering yg diubah ke Bahasa Indonesia

  • sarip udin
    sarip udin 4 месяца назад +1

    suaranya kaya bapak bapak di trans tv

  • Rizal Setianto
    Rizal Setianto 4 месяца назад

    Mantap pokok nya. Penjelasan nya

  • Arif Udin
    Arif Udin 4 месяца назад

    Pengen kentut.. Tpi yakut ntar baunya menyebar

  • aika latasyah
    aika latasyah 4 месяца назад

    Penjelasan yang cukup mengerti. Dan tolong jelsain juga pada kendaraan roda 2 terima kasih

  • Muhamad Ainun
    Muhamad Ainun 4 месяца назад +1

    Harus SUBSCRIBE nihh channel bermanfaat

  • ahmadnovry manjabatubara
    ahmadnovry manjabatubara 5 месяцев назад

    semangat ya membuat video lagi . saya dukung video ini berkembang lebih banyak karena ada nya cara penyampaiyan yang sangat mudah di mengerti dan juga dapat membantu pemahaman secara logika .