Kopling, Bagaimana cara kerjanya?

Поделиться
HTML-код
  • Опубликовано: 23 фев 2018
  • Pernahkah Anda bertanya-tanya apa yang terjadi di dalam mobil saat Anda menekan pedal kopling? Atau mengapa perlu menekan pedal kopling sebelum menggeser gigi mobil ke transmisi manual? Video ini akan memberikan jawaban logis kepada Anda atas pertanyaan-pertanyaan tersebut. Diakhir video, kita juga akan memahami peran penting kopling pada awal tanjakan.
    Teman-teman terkasih, menerjemahkan video teknik adalah urusan yang mahal. Mohon dukung kami di www.patreon.com/LearnEngineering agar kami bisa menyulih suarakan semua video kami ke dalam bahasa Indonesia. Anda bisa melihat saluran bahasa Inggris asli kami di sini.
    Diterjemahkan dari Bahasa Inggris oleh: www.fiverr.com/fikaphika
    Artis sulih suara: deepindovoice.com/

Комментарии • 870

  • Ilmu Rekayasa
    Ilmu Rekayasa  11 месяцев назад +181

    Teman-teman terkasih, menerjemahkan video teknik adalah urusan yang mahal. Mohon dukung kami di www.patreon.com/LearnEngineering agar kami bisa menyulih suarakan semua video kami ke dalam bahasa Indonesia. Anda bisa melihat saluran bahasa Inggris asli kami di sini. ruclip.com/user/LearnEngineering

    • Hanavi Gemilang
      Hanavi Gemilang 5 месяцев назад

      Terimakasih banyak...video ini sangat membantu sekali terutama untuk anak²stm otomotif yg baru mengenal yg namanya transmisi,kopling,diafragma dan dll.jdi ilmu pengetahuan nya lbih berkembang dengan adanya video seperti ini

    • Animasi Kecelakaan Pesawat Dunia dan Funny Moments
      Animasi Kecelakaan Pesawat Dunia dan Funny Moments 7 месяцев назад

      Ilmu Rekayasa juga klik www.learnenginering.org

    • Brave Bee
      Brave Bee 8 месяцев назад

      jadi pakai jasa deepindovoice ya?mudah2n bnyak yg nyumbang buat bayar terjemah sama narratornya ya.

    • N oob
      N oob 9 месяцев назад

      Ilmu Rekayasa bermanfaat sekali

    • Fitrialidya Ningsih
      Fitrialidya Ningsih 9 месяцев назад +1

      Ilmu Rekayasa mengulas hammer paku bumi gmna kerj y

  • rahasia indonesia
    rahasia indonesia 4 дня назад

    Apakah tank baja memakai kopling atau metic??

  • makmaker boys
    makmaker boys 10 дней назад

    Aku suka cara penjelasan nya simpel dan dapat di mengerti

  • Hikmat Rusyana
    Hikmat Rusyana 13 дней назад

    brmanfaat. tks

  • Ahmad bilal Purnomo
    Ahmad bilal Purnomo 14 дней назад

    Terima kasih atas infonya

  • King_Patrick
    King_Patrick 15 дней назад

    bahas mesin motor dong mas

  • abdul malikh
    abdul malikh 16 дней назад

    Terima kasih bisa nambah ilmu

  • Salman Jabat
    Salman Jabat 21 день назад

    Mantap 👍

  • Up Gaming
    Up Gaming 24 дня назад

    siapa sih yang pengisi suara itu

  • suhari jabon
    suhari jabon 25 дней назад

    tolong bahasa mobil tidak akan berjalan diganti tidak akan mundur supaya lebih mudah dipahami, ketika kopling dilepas sedikit sampai ada terasa gigitan kopling dan pedal rem dilepas.

  • Lalu Ridwan
    Lalu Ridwan 26 дней назад

    Mmpopo ko alasan aa

  • Mr. BLACK
    Mr. BLACK Месяц назад

    terimakasih sangat mudah dipahami,

  • nano romansyah
    nano romansyah Месяц назад

    Mantap...bermanfaat, jika sudi boleh mampir ke Chanel data....😁🙏🙏🙏

  • agus imam darmawan
    agus imam darmawan Месяц назад

    lalu bagaimana dengan sepeda motor bebek? apakah sama?

  • Mas Wegig
    Mas Wegig Месяц назад

    pertama kali melihat youtuber indonesia dengan visual & sound sedetail ini. good job 👍👍👍👍

  • Ricky Razali
    Ricky Razali Месяц назад

    Mantap, cukup jelas memprsentasikanya...

  • Huckleberry Finn
    Huckleberry Finn Месяц назад

    kepala gue pusing

  • TU, DE VIDYA
    TU, DE VIDYA Месяц назад

    Bro bisa gak jelaskan tentang perbedaan mobil AWD, FWD, RWD

  • Ambulance37
    Ambulance37 Месяц назад

    Info menarik👏👏

  • Hp Cina
    Hp Cina Месяц назад

    Suaranya enak penjelasan nya mendetail gak salah langsung sy subscribe channel ini....

  • saryulis tampan
    saryulis tampan Месяц назад

    Motor tolong jelasin bang

  • jual beli Geliga Landak
    jual beli Geliga Landak Месяц назад

    mantab

  • K. C. S.
    K. C. S. Месяц назад

    Jadi inget waktu stm

  • rifki nur
    rifki nur Месяц назад

    Yg ga ngerasa pake kopling jgn nonton, ga akan faham,

  • Undik  Elektro
    Undik Elektro Месяц назад

    Mantap bngt penjelasannya,gampang dipahami,, sukses trus buat chanel ini

  • Arie Pemonk
    Arie Pemonk Месяц назад

    ilmu yg bermanfaat

  • mfi mfi
    mfi mfi Месяц назад

    Terima kasih video nya

  • AMIM CHANNEL
    AMIM CHANNEL Месяц назад

    Min boleh request gak, kalau boleh tolong jelasin dong tentang transmisi comfortshift di bus scania k310 k380 k124

  • SN. id
    SN. id 2 месяца назад

    Sangat bermanfaat banget bang

  • Alif Aja
    Alif Aja 2 месяца назад

    Skip maju terus

  • Rigel Star
    Rigel Star 2 месяца назад

    Apakah prinsip kerjanya sama dengan kopling pd motor ?

  • mohamad reza
    mohamad reza 2 месяца назад

    Oper gigi itu utk lelaki, wanita matic aja ya, 😊

  • Aza suaib
    Aza suaib 2 месяца назад

    👍👍

  • SMAuto Mobile
    SMAuto Mobile 2 месяца назад

    Bagus sekali.

  • Cle Syahfutra
    Cle Syahfutra 2 месяца назад

    Suara nya mantep jelas dan mudah di pahami

  • Fiqih Akbari
    Fiqih Akbari 2 месяца назад

    Kampas kopling it yg Mana?

  • ellaa pitek
    ellaa pitek 2 месяца назад

    Mumet rasanya

  • Imam Udin
    Imam Udin 2 месяца назад

    Chanel Bagus nih.. Penjelasan sejelas jelasnya dn penyampaiannya mudah dipahami

  • Anto Galuh
    Anto Galuh 2 месяца назад

    Mantap

  • M. Berri Ridhoka
    M. Berri Ridhoka 2 месяца назад

    Artiny mmang lbih baik pkai rem tngn pas mau pas psisi brnti mau maju d tnjkan y?

  • Vicky AF F
    Vicky AF F 2 месяца назад

    Saya subscrabe y bang. Enak soalnya

  • Sabar Sabar
    Sabar Sabar 2 месяца назад

    Sangat bermanfaat sekali.

  • Darmo Aja
    Darmo Aja 2 месяца назад

    cukup membantu bagi yg pemula

  • bambang rijabudi
    bambang rijabudi 2 месяца назад

    Terimakasih sudah upload, sgat beemnfaat.

  • irgi adityah
    irgi adityah 2 месяца назад

    Gampang nyambung.. Saya lulusan sekolah teknik mesin mobil.. Tapi penjelasan di sekolah tidak seperti ini.. Jossssss.. Makasih mas.. Langsung berlangganan..

  • delviol mardonal
    delviol mardonal 2 месяца назад

    Alhamdulillah... Siaran yg sangat bermanfaat

  • Yogik Y
    Yogik Y 2 месяца назад

    njir nyetir udah tahunan baru tau nih penjelasannya .maklum cuma bisa mengendarai tanpa bukan ahli service. 😁

  • Bảo nguyễn vlogs
    Bảo nguyễn vlogs 2 месяца назад

    like +sub +60s Tương tác cùng mình nha

  • Rian Syah
    Rian Syah 2 месяца назад

    Chanel bermanfaat...!

  • Risam Fauzan
    Risam Fauzan 2 месяца назад

    Sangat cocok untuk pendidikan siswa jurusan otomotif

  • Rina En
    Rina En 3 месяца назад

    Saya juga coba gigitan kopling di mobil manual lupanya mesinnya getar dan menggigil

  • arya gani
    arya gani 3 месяца назад

    mudah di pahami

  • Muhamad Ridwan
    Muhamad Ridwan 3 месяца назад +1

    Alusss pisan penjelasannya 👍

  • Si Jarambah
    Si Jarambah 3 месяца назад

    ini dia ilmu yang saya cari2, penjelesan kerenn bangett.. terimakasih ilmunya, sukses trus bang.

  • Bon joni
    Bon joni 3 месяца назад

    Jd kangen anak stm hkbp 1 tarutung,mana woi koq ga ada kbar nih...
    Bljar mobil ampe kopling gosong,....
    Min knpa nge gantung kopling kalo lama bisa gosong,bau karet gtu...

  • Agus Walid
    Agus Walid 3 месяца назад

    MANTAFF TAMBAH WAWAAN.TERIMAKASIH

  • Bepi Alkahpi
    Bepi Alkahpi 3 месяца назад

    Very good job.

  • Nur Halim
    Nur Halim 3 месяца назад

    Mantafff jls dan bermanfaat 🙏 TRMKSI

  • Timien Official Chanel
    Timien Official Chanel 3 месяца назад

    Buatin ilustrasi cara kerja koling motor donk minn

  • Acceleration Hart
    Acceleration Hart 3 месяца назад

    sedikit rumit ya

  • zainul aziz
    zainul aziz 3 месяца назад +2

    Buatin cara kerja kopling montor dong

  • Hedi Curup
    Hedi Curup 3 месяца назад

    BS juga utk siswa jurusan mesin. Bermanfaat sangat.trmksh.

  • suyanto yans
    suyanto yans 3 месяца назад

    SUPER sekali video dan penjelasannya. Lanjutkan info2 yang lainnya.

  • BANG GOZIO
    BANG GOZIO 3 месяца назад

    Sukses terus brader, terinspirasi

  • JTR ChanneL
    JTR ChanneL 3 месяца назад

    Keren bos...jd tahu gwe

  • Mas Bul
    Mas Bul 3 месяца назад

    👍

  • Eka Syahputra
    Eka Syahputra 3 месяца назад

    Sip bermanfaat sekali bagi pengendara mobil

  • armadani 192
    armadani 192 4 месяца назад

    Min aplikasinya apa?

  • Fadli Fads
    Fadli Fads 4 месяца назад

    Real men use three pedals

  • the bimalio
    the bimalio 4 месяца назад

    Ini menarik penjabaran kopling manual, tolong jelaskan sistem kerja kendaraan manual yg dpt melakukan perpindahan gigi tanpa di kopling (posisi pindah gigi 1 ke 2 dst) contoh kendaraan truk buatan amerika. Krn saya masih bingung kenapa hal spt bs dilakukan tanpa menekan kopling, terima kasih

  • Lukman Hadijaya
    Lukman Hadijaya 4 месяца назад

    Lumayan paham😀🖒

  • Andi Iswandi
    Andi Iswandi 4 месяца назад

    Ga bermutu.anu gampang ko itu

  • Humberto Barroco
    Humberto Barroco 4 месяца назад +1

    ta'chiro tu vid...!

  • adyastha karna
    adyastha karna 4 месяца назад

    Mantap jiwa penjelasanya...sya orang bodo jdi paham...thanks

  • Akim San
    Akim San 4 месяца назад

    Apakah bebahaya bagi mesin jika kita sering menekan kopling? Sambil menekan pedel gas?

  • yudi athaya
    yudi athaya 4 месяца назад

    Ini baru tontonan yg mencerdas kan bangsa

  • rafaqih channel
    rafaqih channel 4 месяца назад

    Sangat bermanfaat

  • Inspirasi Remaja
    Inspirasi Remaja 4 месяца назад

    Bagus banget bos

  • angg_id
    angg_id 4 месяца назад

    1:26
    entah kenapa lucu aja dengernya

  • I made Wiranatha
    I made Wiranatha 4 месяца назад

    penjelassn yg hebat

  • muhammad arif
    muhammad arif 4 месяца назад

    Ada yang paham? :V

  • D Channel 7
    D Channel 7 4 месяца назад

    Oh bgitu ya ..cara kerjanya...

  • Fajar Altam
    Fajar Altam 4 месяца назад

    Min jadi kalo di injek kopling nya berfungsi ?

  • rical anderson
    rical anderson 4 месяца назад

    mantap om. penjelasannya mudah di pahami

  • Ujang deden
    Ujang deden 4 месяца назад

    request cara kerja genset diatas 10KVA ya Min

  • Rose Gold Meteor
    Rose Gold Meteor 4 месяца назад

    Sangat bermanfaat

  • Qosui
    Qosui 4 месяца назад

    Serasa dubbing produk jaco :v

  • Ter Populer
    Ter Populer 4 месяца назад

    tolong dong buatin rekayasa kerja dron

  • Anggun XTC
    Anggun XTC 4 месяца назад

    Kopling pesawat donk jelasinnya

  • Ddy 17
    Ddy 17 4 месяца назад

    🙏

  • Andre 85
    Andre 85 4 месяца назад

    Mantap penjelasan nya detail bget

  • Andika Saputra
    Andika Saputra 4 месяца назад

    Reques dong bang....masak mobil trus bang...motor na mna bang😁

  • Mubono Putro
    Mubono Putro 5 месяцев назад

    oke saya dukung

  • Arvin Badruzaman
    Arvin Badruzaman 5 месяцев назад

    Untuk bagian kampas, ada juga mobil yg tidak mengguanakan pegas

  • suci triwati
    suci triwati 5 месяцев назад

    Jadi lebih baik di handrem ya ? Drpd mengurangi material piringan kopling?

  • Khendy Wu
    Khendy Wu 5 месяцев назад

    Tapi kalau tidak pakai pegas diafrakma apa hasil bila menekan kopling

  • MOTOMO CHANNEL
    MOTOMO CHANNEL 5 месяцев назад

    Remake dari #LEARNING ENGINERING

  • irwansyah ansyah
    irwansyah ansyah 5 месяцев назад

    gmn cara downlondnya ya..
    kasih tau dong caranya..

  • Bang Muklis
    Bang Muklis 5 месяцев назад

    Mantap sangt bermanfaat